Beberapa Fakta Tentang Vagina Wanita

Beberapa Fakta Tentang Vagina Wanita - Vagina yang terletak di bawah area pinggul ini tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus sehingga rentan untuk terkena infeksi yang disebabkan oleh mikroba atau bakteri. Oleh karena itu menjaga kesehatan vagina adalah wajib hukumnya bagi para wanita.
Seperti halnya bagian kulit lainnya, vulva vagina juga dapat mengalami kondisi yang kering. Hal ini umum terjadi setelah wanita mengalami fase menopause. Meski demikian, kekeringan pada vulva juga dapat terjadi pada wanita yang belum mengalami menopause lho! Jika ingin menggunakan pelembab, konsultasikan terlebih dahulu pada pihak medis yang dipercaya. Untuk mengurangi efek sakit saat mengalami vagina kering Anda dapat menggunakan pelumas berbasis air, silikon atau minyak. Pelumas berbasis minyak dan silikon terasa lebih licin, namun meninggalkan noda. Sementara itu pelumas berbasis air dapat dicuci dengan mudah tetapi sangat mudah mengering dan menjadi lengket.



Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah beberapa hal yang wajib diketahui wanita tentang kesehatan vagina mereka.

  • Hal pertama yang wajib wanita ketahui tentang vagina adalah bagian-bagian penting di dalamnya seperti vulva, labia, rahim, indung telur, hingga leher rahim. Dengan memiliki pengetahuan yang baik tentang kondisi vagina, maka wanita bisa melakukan perawatan yang tepat untuk vagina mereka.
  • Hal kedua yang wanita perlu tahu adalah tentang keputihan. Keputihan normal terjadi. Namun keputihan menjadi tidak normal atau membahayakan jika berbau, berwarna, dan keluar dalam jumlah yang banyak.
  • Jika kamu ingin memiliki vagina yang sehat, sangatlah penting untuk menjaga kebersihannya. Pastika kamu rajin mengganti celana dalam serta menggunakan celana dalam yang terbuat dari katun.
  • ISK atau infeksi saluran kencing adalah penyakit kelamin yang biasa diderita wanita. Agar kamu terhindar dari gangguan ini jangan menahan kencing serta jaga kebersihan vagina terutama sebelum dan setelah berhubungan seksual.
  • Hentikan menggunakan produksi pembersih vagina sintetis terutama yang mengandung bahan kimia. Sebab cairan pembersih ini akan merusak keseimbangan pH alami vagina, menyebabkan kekeringan, dan gatal.
  • Jika kamu sedang menstruasi, pastikan kamu selalu mencuci tangan sebelum menggunakan pembalut atau tampon agar kotoran dari tangan tidak terperangkap dan masuk ke vagina.
Vagina sangatlah penting dalam kehidupan wanita karena memiliki dua fungsi besar yaitu sebagai alat seksual dan alat reproduksi. Oleh karenanya sangatlah penting bagi wanita untuk menjaga kebersihan dan kesehatan vagina mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar